ASSALAMMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH, AHLAN WASAHLAN IKHWAH FILLAH

Selasa, 30 April 2013

MACAM - MACAM ICE BREAKER


MACAM-MACAM ICE BREAKER
“PASS THE BALL”
Adapaun langkah-langkah yang penulis lakukan diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Guru meminta siswa untuk membentuk lingkaran apabila dalam kelas kecil (tidak lebih dari 24 siswa) dimana guru menjadi bagian dari lingkaran tersebut tapi apabila kondisi kelas besar dapat dilakukan dengan cara dibentuk 4 kelompok dan masing-masing kelompok membentuk barisan
2. guru meminta siswa untuk memainkan Pass the Ball dengan cara memberikan bola ke siswa tanpa memberikan petunjuk yang jelas
3. setelah bola mulai bergulir guru menghentikan game dengan alasan kurang menarik dan memberikan satu aturan yaitu memberikan bola dengan tangan kanan dari arah belakang
4. setelah berjalan guru kembali mengehentikan permainan dengan alasan yang sama kemudian menambah aturan baru dengan cara sambil bernyanyi
5. Setelah berjalan guru kembali menghentikan permainan dan memberikan aturan lainnya dan begitu seterusnya sampai siswa menjadi kacau dan melakukan protes kepada guru
6. guru kemudian berupaya memperbaiki keadaan dengan betul-betul membuat aturan main yang jelas dan tegas dengan sangsi yang tegas pula bagi pelanggarnya seperti : memberikan bola dengan tangan kanan lewat belakang, mata harus ditutup, menyanyikan lagu nasional sambil bermain, apabila bola jatuh maka akan diberikan sangsi yang disepakati bersama dan seterusnya berdasarkan masukan dari siswa itu sendiri.
7. permainan pun dapat dilanjutkan sampai bola kembali pada guru
8. Setelah selesai bermain guru melakukan brainstorming dengan siswa tentang apa yang mereka rasakan dengan bermain pass the Ball?, apa yang harus dikoreksi dari permainan tersebut, apa yang dirasakan setelah aturannya menjadi jelas dan tegas, kenapa dalam permainaan kita membutuhkan aturan main yang jelas dan sebagainya sampai akhirnya siswa secara tidak sengaja telah mulai membentuk opini akan pentingnya norma dalam kehidupan masyarakat dan guru mengeksplor pengetahuan siswa akan norma-norma yang selama ini berlaku di masyarakat.
Ice breaker di atas adalah hanya satu dari sekian contoh ice breaker yang dapat kita gunakan sebelum memulai pelajaran. karena dunia siswa khususnya siswa SD dan SMP masih senang dengan dunia bermain oleh kerna itu sedapat mungkin pembelajaran dilakukan dari awal saampai akhir memberikan kesan senang, nyaman dan menantang buat siswa.

“APA KABAR ?”
Prosedur :
-         Sampaikan pada audience, buat kesepakatan diawal bila kita bertanya sesuatu maka audience harus menjawab dengan kata-kata yang disepakati.
-         Tanya kabar ini bisa bermacam-macam, missal:
o       Tanya : Bagaimana kabarnya pada pagi hari ini…!
o       Jawab: Alhamdulillah, luar biasa Allahu akbar…!
o       Tanya : How are you today?
o       Jawab: Excellent….! Atau Fantastic…!
-         Keterangan : kata-kata yang diucapkan bisa bervariasi, bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kita.

“IKUTI APA YANG SAYA KATAKAN”
Prosedur:
-         Pertama sampaikan peraturannya kepada audience. Setelah semuanya paham barulah dimulai. Kalau perlu berilah contoh/praktekan sekali saja:
-         Kata kunci kita pada permainan ini adalah instruksi : “Ikuti Apa Yang Saya Katakan” peserta disuruh mengikuti kata-kata trainer. Trainer bisa memilih beberapa benda atau hewan untuk disebutkan, misalnya:
o       ayam-ayam, itik-itik, ayam itik itik ayam,(diulang-ulang sampai beberapa kali). Setelah cukup puas membuat peserta senang, katakan: ada berapa ayam? (biasanya peserta akan bingung dan terdiam di sini, kebanyakan dari mereka bahkan minta agar permainan diulang)
o       ikuti saja kemauan mereka, diulang  beberapa kali dengan tetap menyebutkan instruksi permainan ini. Mungkin akan keluar jawaban-jawaban berupa angka-angka, katakan bahwa semua jawaban salah…! Maka harus diulangi lagi. Setelah beberapa lama, biasanya audience akan sadar terhadap instruksinya, sehingga jawabannya pun akan benar. Karena yang disuruh bukan menghitung ayam atau itiknya, tapi untuk mengikuti yang dikatakan trainer.
-         Inti dari permainan ini adalah konsentrasi, aitu untuk  mengenali dan melaksanakan instruksi yang diberikan, bukan untuk menghitung jumlah ayam atau itik.
“TEBAK APA YANG SAYA KATAKAN”
Prosedur :
-         Sampaikan instruksi permainan ini: “tebak apa yang saya katakan”
-         Sanbil menunjukkan jempol, trainer mengucapkan ini ayam
-         Ketika menunjukkan telunjuk trainer mengucapkan  yang ini sapi
-         Kemudian ketika menunjukkan jari tengah trainer mengucapkan kalo yg ini kerbau.
-         Tanyakan kepada peserta sudah paham atau belum, praktekan sekali untuk mengetest kepahaman mereka, setelah dirasa paham, barulah trainer menjalankan aksinya.
-         Peserta diminta menebak apa yang trainer katakana, katakana seperti contoh diatas, setelah selesai, katakan” Kalo yang ini” tetapi kita menunjuk pada jari kelingking. Biasanya peserta akan bingung dan protes. Ulangi lagi dengan variasi lain. Sampai terjawab dengan benar.
-         Ketika peserta telah memahami instruksi diatas, maka ia akan mengikuti kata kunci tanpa memperhatikan jari mana yang kita tunjukkan. Jawaban yang benar adalah bila trainer menyebutkan “ini”, maka jawabannya adalah “ayam” dst,

BREAK THE RULE
Prosedure:
Ketika trainer menanyakan sesuatu dengan jawaban Iya atau Tidak maka peserta harus menjawab dengan tingkah laku yang berbeda dari biasanya
Jika jawabannya “Iya” maka peserta diharuskan untuk menggelengkan kepalanya.
Jika jawabannya “Tidak” maka peserta diharuskan untuk menganggukkan kepalanya.
Dari permainan ini menjelaskan tentang betapa sussahnya kita merubah sebuah kebiasaan. Perubahan itu tidak akan secara tiba-tiba bisa dilakukan namun pastinya bertahap.

SOAL TRY OUT 1 GEOGRAFI 2012/2013


1.
Beberapa wilayah kota di propinsi Kep. Bangka Belitung dilanda hujan secara tidak merata.  Kota Pangkalpinang dan Sungailiat dilanda hujan, sedangkan kota Koba dan Toboali cerah.  Fenomena ini erat kaitannya dengan prinsip ….


         A.
deskriptif

B.
distribusi

C.
interaksi

D.
korologi

E.
interelasi


2.
 Akibat bencana lumpur Lapindo di Sidoarjo, maka tanah di sekitarnya menjadi sangat murah dan kurang bermanfaat.  Peristiwa tersebut adalah contoh dari konsep ….


A.
lokasi

B.
nilai kegunaan

C.
differensiasi areal

D.
jarak

E.
keterkaitan keruangan


3.
Perhatikan aspek sosial dan aspek fisik dalam geografi berikut :
1.      air di daratan dan lautan
2.      cuaca dan iklim
3.      pertanian
4.      tanah
5.      batas negara
6.      pemerintahan

Dari aspek di atas yang termasuk aspek sosial ditunjukkan  pada nomor….


A.
1, 2, 3

B.
1, 2, 4

C.
2, 3, 5

D.
2, 5, 6

E.
3, 5, 6


4.
Pemanasan global bukan hanya isu, melainkan telah menjadi kenyataan.  Pemerintah telah membuat program penanaman sejuta pohon (one man one tree). Untuk itu masyarakat di himbau untuk melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon.
Cara mengatasi masalah tersebut merupakan pendekatan ....


A.
differensiasi areal

B.
kelingkungan

C.
kompleks wilayah

D.
temporal

E.
keruangan


5.
Menurut penelitian para ahli, gempa bumi di Aceh tahun 2004 disertai gelombang tsunami telah terjadi pada tahun 700 M dan 1200 M.  Penyebab terjadinya siklus gempa seperti di Aceh karena ….


A.
arus konduksi dalam perut bumi

B.
arus konveksi pada dasar samudera

C.
arus konveksi pada lapisan mantel

D.
gerakan komplek benua dan samudera

E.
gerakan lempeng benua menuju lempeng astenosfer


6.
Perhatikan karakteristik galaksi berikut:
1.      tampak seperti galaksi lingkaran
2.      terdapat dari 100 miliar bintang, debu dan gas
3.      garis tengah mencapai 100.000 tahun cahaya
4.      tidak mempunyai bentuk yang tetap
5.      satu putaran alam massa 225 juta tahun

Karakteristik galaksi Bimasakti ditunjukan oleh nomor …


A.
1, 2, 3

B.
1, 3, 4

C.
1, 4, 5

D.
2, 3, 5

E.
2, 4, 5


7.
Teori kabut menyatakan bahwa tata surya terbentuk melalui proses ….


A.
terbentuknya efek pasang gas-gas matahari

B.
berasal dari ledakan bintang kembar matahari

C.
berasal dari  ledakan kabut yang berbentuk spiral atau pilin

D.
membentuk gumpalan kabut nebula yang terdiri atas bermacam-macam gas yang berpilin lambat sehingga membentuk cakram gas tunggal

E.
terbentuk gumpalan awan gas dan debu yang jumlahnya sangat banyak dan kemudian mengalami pemampatan dan menarik partikel-partikel debu membentuk gumpalan bola


8.
Perhatikan nama-nama planet berikut :
1.   Venus                                                                                                            
2.   Mars         
3.   Jupiter
4.   Saturnus
5.   Uranus
Dari nama-nama planet di atas yang termasuk dalam Planet Jovian, ditunjukkan nomor ….


A.
1, 2, 3

B.
1, 2, 4

C.
1, 3, 5

D.
2, 3, 5

E.
3, 4, 5


9.
Contoh batuan yang termasuk batuan metamorf adalah....


A.
granit, marmet, dan diorit

B.
andesit, basalt, dan diorit

C.
konglomerat, basalt dan diorit

D.
marmer, batu sabak dan kwarsit

E.
konglomerat, marmer dan breksi

10.
Perhatikan gambar berikut !


img004.jpg
 









Dari gambar diatas, merupakan bentuk patahan ....


A.
strike slip fault

B.
reverse fault

C.
normal fault

D.
fault scrap

E.
graben


11.
Perhatikan karakteristik gunung api berikut :
1)      letusan lemah/efusif.
2)      lava yang keluar sangat encer sekali.
3)      tekanan gas lemah.

Berdasarkan karakteristik letusan di atas, akan menghasilkan bentuk gunung api...


A.
strato

B.
maar

C.
perisai

D.
kaldera

E.
linear


12.
Perhatikan pernyataan berikut ! .
1)      berlindung di bangunan yang tinggi.
2)      mematikan aliran listrik
3)      menjauh dari rumah.
4)      berdoa dengan penuh keyakinan.
5)      menjauh dari bangunan tinggi
6)      menghindari dekat dengan tiang listrik.
7)      melaporkan ke aparat desa dan kecamatan
8)      berlindung di tempat ibadah

Tindakan pertama yang harus dilakukan apabila terjadi gempa diantaranya...


A.
1 , 2, 3, 4

B.
2, 3, 5, 6

C.
1, 3, 5, 7

D.
2, 4, 6, 8

E.
1, 3, 6, 7








13.
Perhatikan pernyataan berikut ! .
1)      erosi
2)      gempa bumi
3)      gunung meletus
4)      masswasting
5)      pelapukan
6)      sedimentasi
7)      degradasi
                  
Yang termasuk ke dalam tenaga eksogen yang sifatnya merusak adalah ...


A.
1, 2, 3, dan 4

B.
1, 5, 6, dan 7

C.
2, 4, 6, dan 7

D.
2, 3, 5 dan 6

E.
3, 4, 5 dan 6


14.
Perhatikan gambar berikut !
Jaran-007
Tenaga eksogen yang  membentuk permukaan bumi seperti pada gambar adalah hasil dari proses....


A.
pelapukan fisis

B.
pelapukan kimiawi

C.
pelapukan organis

D.
abrasi

E.
erosi


15.
Gambar berikut ini adalah hasil pengendapan yang ada di tepi laut karena abrasi.
X
 
bsgpslsmu2012k2-p13-5
Endapan yang ditandai huruf X menghubungkan antara pulau kecil dan pulau utama disebut…



A.
pesisir

B.
spit

C.
nehrung

D.
tombolo

E.
pantai laguna


16.
Perhatikan ciri-ciri tanah sebagai berikut. :
1)      terdapat rawa-rawa.
2)      kurang subur
3)      terjadi karena pembusukan tidak sempurna

 Dari ciri-ciri tanah di atas, jenis tanah organosol  terdapat di daerah ....


A.
Jawa bagian utara, Sumatera bagian barat, dan Sulawesi bagian utara

B.
Kalimantan bagian utara, Sumatera bagian timur, dan Papua bagian utara

C.
Papua bagian selatan, Jawa bagian selatan, dan Kalimantan bagian timur

D.
Sulawesi bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan

E.
Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian selatan, dan Papua bagian selatan


17.
Perhatikan pernyataan upaya pemulihan lahan berikut ini :
1)      terasering
2)      pemupukan
3)      penghijauan
4)      reboisasi
5)      pembuatan cek dam
6)      diversifikasi tanaman

Dari pernyataan di atas, yang termasuk cara mekanik untuk mengurangi erosi adalah...


A.
5 dan 6

B.
3 dan 6

C.
3 dan 4

D.
1 dan 5

E.
1 dan 2


18.
Lapisan atmosfer tempat terjadinya peristiwa cuaca dan iklim seperti pelangi,  halilintar, dan pembentukan awan terdapat di lapisan ....


A.
stratosfer

B.
ionosfer

C.
troposfer

D.
termosfer

E.
eksosfer







19.
Perhatikan gambar berikut !


SAVE0005
 















Amplitudo suhu terendah terjadi di kota ...


A.
A

B.
B

C.
C

D.
D

E.
E


20.
Awan-awan yang tergolong dalam kelompok awan tinggi adalah ....


A.
Cirrocumulus dan cumulus

B.
Cumulus dan nimbostratus

C.
Nimbostratus dan stratus

D.
Stratus dan cirrrostratus

E.
Cirrostratus dan cirrocumulus


21.
Perhatikan karakteristik iklim di bawah ini !
1.      curah hujan tinggi sepanjang tahun
2.      suhu udara tinggi sepanjang tahun
3.      terdapat hutan hujan tropis yang luas

Wilayah yang memiliki ciri-ciri di atas, menurut Koppen memiliki iklim tipe .....


A.
Af

B.
Aw

C.
Am

D.
Cw

E.
Cf


22.
Di bawah  ini merupakan dampak perubahan iklim global,  kecuali ...


A.
permukaan air laut naik

B.
banjir di daerah pantai

C.
terjadi gelombang tsunami

D.
kenaikan suhu permukaan

E.
kutub utara dan selatan mencair


23.
Proses evaporasi pada gambar siklus air berikut adalah nomor .... 
SAVE0006


A.
1

B.
2

C.
3

D.
4

E.
5


24.
Perhatikan pernyataan berikut ini!
1.      beriklim Aw
2.      kelembaban tinggi
3.      curah hujan relatif rendah
4.      beriklim Af
5.      daerahnya kering

Syarat terbentuknya bioma stepa ditunjukkan nomor ….


A.
1, 2, 3

B.
1, 3, 4

C.
1, 3, 5

D.
2, 3, 4

E.
2, 3, 5


25.
Hewan yang tidak termasuk ke dalam kelompok hewan Indonesia bagian tengah (peralihan) adalah ...


A.
komodo

B.
anoa

C.
babirusa

D.
burung maleo

E.
burung kasuari


26.
Jumlah penduduk suatu wilayah pada tahun 2010 adalah 15 juta jiwa. Apabila tingkat pertumbuhannya sebesar 1,5% per tahun, pada tahun 2012 jumlah penduduk wilayah tersebut menjadi ... jiwa.


A.
15.450.375

B.
15.353.375

C.
15.453.375

D.
14.453.375

E.
14.535.375


27.
Perhatikan ciri-ciri di bawah ini :
1)      pertumbuhan penduduknya lebih kecil
2)      jumlah penduduk laki-laki lebih besar dibandingkan dengan jumlah penduduk wanitanya
3)      piramida penduduknya adalah piramida penduduk muda
4)      merupakan negara berkembang
5)      jumlah penduduk non produktif lebih besar dibandingkan dengan penduduk produktif

Pernyataan di atas yang merupakan ciri dari negara dengan angka ketergantungan yang besar adalah  ….


A.
1, 2 dan 3

B.
1, 3 dan 5

C.
2, 3 dan 4

D.
2, 3 dan 5

E.
3, 4 dan 5


28.
Perhatikan Tabel Penduduk Kecamatan Blimbing Kota Malang berikut:

No.
Kel. Umur
Jumlah Penduduk
1.
0 - 14
250.000
2.
15 - 64
350.000
3.
65+
200.000

Berapakah angka beban ketergantungan penduduk kecamatan Blimbing ….


A.
100

B.
129

C.
138

D.
145

E.
154


29.
Jenis sumber daya alam yang berupa barang tambang yang terbentuk dari bahan organik adalah ….


A.
besi dan minyak bumi

B.
minyak bumi dan batubara

C.
batubara dan timah

D.
timah dan tembaga

E.
tembaga dan besi


30.
Perhatikan sumber daya alam berikut !
1.      pertanian
2.      pertambangan
3.      perkebunan
4.      hutan
5.      perikanan

Sumber daya alam yang sangat besar potensinya di Kalimantan Timur terdapat pada nomor ….


A.
1 dan 2

B.
1 dan 3

C.
2 dan 4

D.
3 dan 5

E.
4 dan 5


31.
Dampak kerusakan flora dan fauna bagi kehidupan antara lain ...


A.
keadaan ekosistem seimbang

B.
melimpahnya sumber daya

C.
meningkatnya kualitas lingkungan

D.
kesuburan tanah meningkat

E.
punahnya beberapa spesies flora dan fauna


32.
Untuk menjaga kualitas tanaman hutan, maka perlu dilakukan  ....


A.
pembatasan pengambilan atau penebangan hutan

B.
melarang masyarakat untuk masuk ke hutan

C.
memagari hutan dengan kawat besi

D.
menebangi hutan dengan teratur atau selektif

E.
memberikan denda bagi yang masuk tanpa izin


33.
Perhatikan jenis peta berikut ini !
1.     peta kadaster
2.     peta geologi
3.     peta Indonesia
4.     peta penggunaan lahan
5.     peta irigasi

Yang termasuk peta tematik  adalah


A.
1,2,3

B.
1,3,4

C.
2,3,4

D.
2,4,5

E.
3,4,5


34.
Perhatikan gambar berikut


 
                                                                                                    



Berdasarkan gambar  di atas, peta tersebut  mempunyai skala ....  


A.
1 : 2.220.000

B.
1 : 1.110.000

C.
1 : 555.000

D.
1 : 222.000

E.
1 : 111.000


35.
Perhatikan gambar proyeksi di bawah ini!

Gambar di atas merupakan jenis proyeksi ....


A.
azimuthal normal

B.
kerucut normal

C.
silinder  normal

D.
silinder transversal

E.
kerucut transversal


36.
Fungsi legenda dalam peta ialah ...


A.
memberi keterangan pada peta

B.
melengkapi peta

C.
memperjelas kerangka peta

D.
memberikan uraian detail

E.
memberikan keterangan tentang simbol di dalam peta


37.
Perhatikan gambar berikut !


 











Berdasarkan gambar di atas, untuk mendirikan industri gerabah yang paling tepat berada di lokasi  ....


A.
1

B.
2

C.
3

D.
4

E.
5


38.
Suatu desa di wilayah pegunungan dihuni oleh penduduk yang berasal dari suatu keturunan yang sama, sehingga umumnya semua warga masyarakat di daerah itu adalah keluarga dan kerabat. Bentuk desa itu berpotensi besar untuk berkembang secara luas. Pola pemukiman penduduk di daerah itu adalah ....


A.
terpusat

B.
linear

C.
memanjang sepanjang pantai

D.
mengelilingi fasilitas

E.
memanjang sepanjang jalan raya


39.
Perhatikan gambar berikut ini :
 










Berdasarkan gambar komponen penginderaan jauh di atas, sensor ditunjukkan pada huruf ....


A.
D dan G

B.
C dan B

C.
E dan F

D.
C dan G

E.
B dan F


40.
Pada interpretasi citra penginderaan jauh,  tahapan proses untuk merinci objek-objek dan  melakukan klasifikasi berdasarkan  pengetahuan tertentu disebut ….


A.
pengenalan

B.
deteksi

C.
identifikasi

D.
analisis

E.
deduksi


41.
Perhatikan manfaat citra penginderaan jauh berikut :
(1) memperkirakan awal musim hujan
(2) mengukur diameter pohon
(3) memetakan kemampuan dan kesesuaian lahan
(4) memantau kebakaran hutan

Dari pernyataan di atas, pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam bidang pertanian adalah nomor ....


A.
1 dan 2

B.
1 dan 3

C.
2 dan 3

D.
2 dan 4

E.
3 dan 4


42.
Untuk mengolah dan menyimpan data SIG diperlukan seperangkat komputer dengan perangkat hardware dan software.  Berikut ini adalah perangkat SIG :
1.      autocad                      
2.      plotter                        
3.      scanner
4.      arc view
5.      arc info
6.      digitizer                     

Yang merupakan perangkat lunak SIG adalah  nomor …


A.
1,4 dan 5

B.
1,5 dan 6

C.
2,3 dan 4

D.
2,3 dan 6

E.
3,5 dan 6


43.
Membuat basis data baru, menghapus basis data yang lama, membuat tabel basis data, dan mengedit data merupakan beberapa aktifitas dalam tahapan kerja Sistem Informasi Geografis yaitu ....


A.
masukan data

B.
manipulasi dan analisis data

C.
penyajian data

D.
pengolahan data

E.
manajemen data


44.
Perhatikan manfaat Sistem Informasi Geografi berikut :
(1) perencanaan tata guna lahan
(2) inventarisasi dan manajemen hutan
(3) analisis daerah rawan bencana banjir
(4) manajemen pesisir pantai
(5) pemantauan pencemaran sungai

Yang termasuk manfaat Sistem Informasi Geografi dalam bidang hidrologi ditunjukkan pada nomor ....


A.
1, 2 dan 3

B.
1, 2 dan 4

C.
1, 4 dan 5

D.
2, 3 dan 5

E.
3, 4 dan 5









45.
Desa yang sudah mampu mengembangkan potensi-potensi sumber daya secara optimal, lembaga pemerintahan yang sudah lengkap, dan daya interaksinya dengan wilayah luar sudah tinggi dinamakan ...


A.
desa transmisi

B.
desa tradisional

C.
desa swadaya

D.
desa swakarsa

E.
desa swasembada


46.
Penduduk kota A = 400 orang, penduduk kota B = 90 orang dan penduduk kota C = 110 orang. Jarak kota A – B  = 60 km dan jarak kota A – C = 40 km. Dari data tersebut diperoleh nilai interaksi antar wilayah A – C sebesar ...


A.
20,00

B.
23,50

C.
27,50

D.
50,00

E.
80,00


47.
Perhatikan pola keruangan sektoral di samping ini !

Daerah yang dihuni masyarakat kelas bawah adalah yang bernomor ….


A.
1

B.
2

C.
3

D.
4

E.
5


48.
Perhatikan stadium perkembangan kota  berikut ini!
1 .eopolis                    
2. metropolis              
3. megapolis   
4.tyranopolis
5. polis
6. nekropolis

Perkembangan kota secara berurutan sebagai berikut ....


A.
1, 2, 3, 4, 5, 6

B.
1, 2, 5, 3, 4, 6

C.
1, 5, 2, 3, 4, 6

D.
3, 4, 6, 2, 1, 5

E.
6, 5, 4, 3, 2, 1



49.
Perhatikan ciri-ciri  negara berikut :
1.
pemanfaatan teknologi dalam produksi masih rendah
2.
tingkat kriminalitas dapat ditekan seminimal mungkin
3.
fasilitas kesehatan terbatas
4. pertanian berkembang secara modern
5.
tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi

Dari pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri negara berkembang adalah ….


A.
1,2 dan 3

B.
1,4 dan 5

C.
1,4 dan 5

D.
2,3 dan 5

E.
2,4 dan 5


50.
Perhatikan pernyataan berikut !
1.    usaha pertanian yang dibudidayakan adalah tanaman penghasil makanan pokok
2.    menggunakan sistem mekanisasi
3.    sangat mengandalkan sawah tadah hujan
4.    berorientasi untuk ekspor
5.    melaksanakan ekstensifikasi pertanian
6.    pertanian tidak hanya terdapat di negara berkembang, tetapi juga di negara maju.

Ciri pertanian di negara maju adalah …  .


A.
1 dan 2

B.
1 dan 5

C.
2 dan 4

D.
3 dan 4

E.
4 dan 5